Campaign cover image

Bersama #jurnalisbergerak, Rangkul Pekerja Harian Lawan Corona

“...bukan karena aku memberi banyak maka aku menerima banyak, melainkan karena aku telah menerima banyak, maka aku memberi banyak...”


Cerita ini nyata. Sama sekali bukan fiksi. Ketika seorang pengemudi ojek yang teman kami temui, bercerita soal pendapatannya di tengah wabah virus Corona. Jawabannya, membuat kami yang mendengarnya tertegun, “Lah, emang Corona udah ampe Indonesia, neng? Kirain masih di China. Ya pendapatan agak sepi sih, tapi mau gimana saya mah narik aja. Lagian, saya kan pribumi, gak bakal kena Corona yang asalnya dari China lah.”

Iya. 

Sudah sedemikian masifnya penyebaran Corona atau COVID19, tapi masih ada saja masyarakat kita yang tidak tahu apa itu Corona. Bahkan, saking massifnya penularan, Presiden Joko Widodo meminta agar kegiatan kerja, sekolah, dan ibadah dilakukan dari rumah. Bukan untuk mengekang kebebasan warga negara, tapi virus ini memang benar-benar begitu cepat menular dan harus segera dipotong penyebarannya. Sebagian beruntung  bisa bekerja dari rumah, dan memutus mata rantai penyebaran COVID19. Gaji bulanan pun masih aman. 

Tapi, tidak semua orang se-beruntung kita, kan?

Ribuan orang, terutama para pekerja yang mengandalkan upah harian, harus tetap keluar rumah untuk mencari nafkah. Ini bukan kondisi yang bisa mereka pilih. Mereka, orang-orang yang sehari-hari kita lihat ada di jalanan; buruh bangunan, pedagang asongan, supir angkutan umum, penyapu jalan, para pengemudi ojek online, bahkan pengemis dan pemulung, bekerja tanpa perlindungan diri yang layak. Kalau tidak, honor harian mereka dipotong dan keluarga mereka tidak bisa makan. Tidak ada uang untuk bayar sekolah anak atau sekadar melunasi hutang di warung makan.

Masalahnya, tanpa perlindungan diri yang tepat, mereka sangat mungkin terpapar. Ditambah literasi yang masih kurang, bukan tidak mungkin mereka juga tidak paham bahwa setiap orang bisa jadi carrier atau pembawa virus Corona. Lalu, tanpa sadar menularkan pada orang lain. 

Kami tahu benar bagaimana rasanya tetap harus keluar rumah dan bekerja dengan risiko terpapar virus. Percayalah, kami tahu. Oleh karena itu, kami #JurnalisBergerak, yakni sekumpulan jurnalis yang sedang berkonsentrasi pada isu dan kegiatan sosial, ingin mengajak semua Teman Baik untuk bersama menjaga kesehatan para pekerja upah harian. 

Donasi ini nantinya akan diberikan dalam bentuk reusable masker non-medis, hand sanitizer, dan sembako. Kami juga akan memberikan leaflet panduan pencegahan penyebaran Corona. Semua paket ini akan diberikan pada para pekerja upah harian agar mereka bisa melindungi diri sekaligus membantu agar di saat sulit ini dapur bisa tetap ngebul. 

Kami percaya masih banyak Teman Baik di luar sana. Kami hanya berusaha membangunkan banyak hati yang selama ini tertidur pulas, untuk kembali peduli. Karena tidak ada syukur tanpa peduli. 


Jakarta, 13 Maret 2020


Yusrin Zata Lini

#jurnalisbergerak


Teman Baik dapat berpartisipasi dalam gerakan kepedulian ini dengan cara

1.    KLIK “Donasi Sekarang”

2.    Pilih Nominalnya

3.   Pilih Metodenya. Lebih praktis lewat OVO, DANA, LinkAja, Sakuku, KlikPay BCA, KlikBCA atau GoPay

4.    SHARE lagi Campaign Ini

    Hore! 972 Paket Donasi Jurnalis Bergerak Sudah Tersalurkan!

    Selamat siang selurut TemanBaik! Setelah kami salurkan 617 paket ke seluruh wilayah DKI Jakarta dan 293 paket prioritas yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Kali ini, kami juga telah melunasi akad distribusi sebanyak 62 paket. 

    62 paket tersebut kami serahkan pada 12 Juni 2020 kepada sejumlah penerima. Diantaranya; 23 paket untuk guru honorer di Jakarta Timur, 17 paket untuk ballboy lapangan tenis di Jakarta Selatan dan 20 paket diberikan kepada pekerja harian di wilayah Bintaro Tangerang Selatan.

    Artinya, Alhamdulillah! Puji Tuhan! berkat semangat #Bergerak seluruh Teman Baik, total 972 Paket sudah tersalurkan di 5 kota administasi di DKI Jakarta dan di wilayah Jabodetabek.

    Tentunya kita berharap dengan bantuan serta doa dan harapan kita semua, semoga seluruh penerima bantuan dapat teringankan bebannya ditengah pandemi Covid 19. 

    Berkat kemurahan hati seluruh TemanBaik, Semoga kita selalu terjaga kesehatannya dan selalu dalam perlindungan Tuhan.

    Berikut kami lampirkan sejumlah dokumentasi #Bergerak kami di 5 wilayah DKI Jakarta & Jabodetabek:

    Pencairan Dana 10.680.422

    Ke rekening ****3884 a/n Yusrin Zata Lini


    Pengadaan barang untuk distribusi lanjutan ke pekerja-pekerja harian terdampak COVID 19.

    Hore! 600 Paket Donasi Jurnalis Bergerak Sudah Tersalurkan!

    Selamat Malam Teman Baik! Setelah 400 aket donasi sudah kami salurkan ke Jakarta Selatan, Barat, dan Pusat pada periode Maret hingga pertengahan April lalu. Kali ini kami telah melunasi akad pendistribusian paket donasi dari total 600 paket kepada target penerima kami di DKI Jakarta. 

    Timelinenya, pada pekan ke empat April lalu, kami telah menyalurkan sisa paket donasi sebanyak 200 paket kepada target penerima di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Dari 200 paket itu, 100 paket kami bagikan di Jakarta Timur pada 23 April 2020 dan 100 paket untuk Jakarta Utara pada 28 April 2020.

    Artinya, Alhamdulillah! Puji Tuhan! berkat semangat #Bergerak seluruh Teman Baik, total 600 Paket sudah terlsalurkan di 5 kota administasi di DKI Jakarta. 

    Tentunya kita berharap dengan bantuan serta doa dan harapan kita semua, semoga seluruh penerima bantuan dapat teringankan bebannya ditengah pandemi Covid 19. Berkat kemurahan hati seluruh Teman, Semoga kita selalu terjaga kesehatannya dan selalu dalam perlindungan Tuhan.

    Berikut kami lampirkan sejumlah dokumentasi #Bergerak kami di 5 wilayah DKI Jakarta.


    1. JAKARTA TIMUR

          2. JAKARTA UTARA

          3. JAKARTA SELATAN, PUSAT, DAN BARAT




    Hore! 600 Paket Donasi Jurnalis Bergerak Sudah Tersalurkan!

    Selamat Malam Teman Baik! Setelah 400 aket donasi sudah kami salurkan ke Jakarta Selatan, Barat, dan Pusat pada periode Maret hingga pertengahan April lalu. Kali ini kami telah melunasi akad pendistribusian paket donasi dari total 600 paket kepada target penerima kami di DKI Jakarta. 

    Timelinenya, pada pekan ke empat April lalu, kami telah menyalurkan sisa paket donasi sebanyak 200 paket kepada target penerima di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Dari 200 paket itu, 100 paket kami bagikan di Jakarta Timur pada 23 April 2020 dan 100 paket untuk Jakarta Utara pada 28 April 2020.

    Artinya, Alhamdulillah! Puji Tuhan! berkat semangat #Bergerak seluruh Teman Baik, total 600 Paket sudah terlsalurkan di 5 kota administasi di DKI Jakarta. 

    Tentunya kita berharap dengan bantuan serta doa dan harapan kita semua, semoga seluruh penerima bantuan dapat teringankan bebannya ditengah pandemi Covid 19. Berkat kemurahan hati seluruh Teman, Semoga kita selalu terjaga kesehatannya dan selalu dalam perlindungan Tuhan.

    Berikut kami lampirkan sejumlah dokumentasi #Bergerak kami di 5 wilayah DKI Jakarta.


    1. JAKARTA TIMUR




          2. JAKARTA UTARA

         3. JAKARTA SELATAN, PUSAT, DAN BARAT


    Pencairan Dana 10.000.000

    Ke rekening ****3884 a/n Yusrin Zata Lini


    Keperluan dan pelunasan sejumlah barang-barang donasi untuk distribusi tahap 3

    Pencairan Dana 35.000.000

    Ke rekening ****3884 a/n Yusrin Zata Lini


    Pencairan dana digunakan untuk persiapan proses pengadaan barang donasi untuk distribusi tahap ketiga

    200 Paket Sembako Kembali Disalurkan Oleh #jurnalisbergerak Untuk Ke-2 Kalinya

    Mari #Bergerak, Rangkul Sesama

    Distribusi tahap 2 sudah dilaksanakan, pada Selasa dan Kamis. Sebanyak kurang lebih 200 paket donasi didistribusikan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.
    Terima kasih untuk seluruh TemanBaik yang sudah turut #Bergerak membantu sesama.

    Salam hangat,
    #JurnalisBergerak

    Rekap Video Kegiatan Penyaluran Tahap 1 Donasi 200 Paket Sembako #jurnalis Bergerak

    TemanBaik, hari Kamis tanggal 9 April 2020 tim #JurnalisBergerak berhasil menyalurkan 200 paket sembako hasil donasi dari para donatur di BenihBaik.com kepada para pekerja informal yang terkena dampak ekonomi wabah Covid-19. Penyaluran tahap pertama ini kami nyatakan sukses & yang lebih membahagiakan adalah saat melihat raut wajah para penerima manfaat saat kami memegang 2 kantong kebaikan dari para donatur.

    TemanBaik, kegiatan penyaluran ini akan terus dilakukan untuk menebar kebaikan kepada lebih banyak masyarakat yang membutuhkan, khususnya para pekerja informal yang secara ekonomi terdampak wabah Corona.

    200 Paket Sembako Mulai Disalurkan Oleh Tim #jurnalisbergerak

    Makin merebaknya wabah virus corona ini membuat banyak masyarakat rentan terdampak dari segi ekonomi, terutama untuk mereka yang penghasilannya dari kerja lepasan. Puji syukur tim #JurnalisBergerak bisa diberi kesempatan untuk turun tangan mengulurkan bantuan kepada yang berhak. Dengan dana dari donatur yang sudah terkumpul mencapai lebih dari Rp. 90 juta, kami sudah berhasil mencairkan untuk penyaluran tahap ke-1 sebesar Rp. 20.000.000,-.

    Hari ini, Kamis, 9 April 2020 tim #JurnalisBergerak mulai menjalankan aksi berbaginya di sekitaran Jakarta Selatan. Untuk tahap pertama ini sembako yang dibagikan berjumlah 200 paket, setiap paket terdiri dari 2 tas (merah & biru). Untuk tas berwarna merah berisikan beras 3 kg dan minyak goreng 2 liter. Sedangkan untuk tas biru isinya antara lain Sabun cuci baju cair 2 sachet, sabun cuci piring 1 sachet, mie instant cup 4 buah, minuman isotonik 3 botol, kental manis 3 kaleng, kopi instan 2 renceng, sabun mandi 4 batang, mie instan 8 bungkus, 1 leaflet, hand sanitizier & yang paling penting masker kain.

    Pembagian paket sembako di tanggal 9 April 2020 dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pagi (pukul 09.00 – 12.00) & sesi siang (14.00 – 17.00), setiap sesinya ada 3 tim yang menyebar ke beberapa wilayah di Jakarta Selatan. Adapun area yang kami singgahi antara lain Lebak Bulus, Fatmawati, Perempatan Gandaria, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Pakubuwono, Blok M, Senopati, Blok S dan Mampang untuk tim pagi. Serta area T.B Simatupang, Jagakarsa, Ragunan, Pasar Minggu, Pejaten, Warung Buncit, Mampang Prapatan Raya, Kuningan dan sepanjang Rasuna Said untuk tim siang.

    Yang menjadi prioritas kami adalah para kaum dhuafa dan para pekerja harian yang masih harus berjuang di tengah wabah corona. Syukurlah rencana berbagi ini berjalan dengan lancar hingga saat ini, kami sudah berhasil membagikan beberapa bingkisan sembako kepada penjajak makanan keliling, supir bajaj, pengumpul sampah, pengumpul barang bekas, pengamen, tunawisma & pengemudi ojek. Beruntungnya aksi kebaikan #JurnalisBergerak didukung juga oleh rekan jurnalis lainnya, dimana teman-teman dari Metro TV dan Kompas TV datang meliput kegiatan sosial ini.

    Dengan segala kerendahan hati, kami tim #JurnalisBergerak mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang tetap peduli kepada sesama. Tidak lupa kami pun akan terus melaporkan kegiatan amal ini kepada TemanBaik.

     

    Jakarta, 9 April 2020

     

    #JurnalisBergerak

    Pencairan Dana 25.000.000

    Ke rekening ****3884 a/n Yusrin Zata Lini


    Pencairan dana untuk pengadaan barang donasi untuk distribusi tahap 2

    Pencairan Dana 20.000.000

    Ke rekening ****3884 a/n Yusrin Zata Lini


    Pengadaan barang donasi untuk distribusi 200 paket gelombang pertama

 
logo-benihbaik

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com