Campaign cover image

Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Program Aquaponik

Komunitas Penggiat Sosial Mahasiswa Bisnis, Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) yang disebut Sharingyuk_co ingin berbagi dengan masyarakat terdampak Covid-19. Kami ingin memberdayakan masyarakat di di Kelurahan Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Bogor, Jawa Barat dengan membuat penyuluhan dan pelatihan aquaponik.


Kami ingin masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan mengalami kesulitan ekonomi bisa melakukan budidaya lele dan sayuran secara aquaponik. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian kami kepada masyarakat dan merupakan kegiatan Akselerasi Sumber Daya Masyarakat Desa melalui Aquaponik (Pangan Mandiri Aquaponik) yang kami gagas. 



Sebelumnya Sharingyuk sudah berbagi dengan masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan yang diberikan berupa hand sanitizier, paket sembako serta makanan dan takjil. Sekarang, kami ingin berbagi lewat pelatihan aquaponik.


Aquaponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah dengan hidroponik digabungkan dengan teknik pemeliharaan ikan yang dikembangkan dengan teknik akuakultur. Dengan metode ini, masyarakat bisa bercocok tanam dengan memanfaatkan sedikit lahan.



Kami membutuhkan dukungan Teman Baik semua dalam pemberdayaan bagi masyarakat di tengah pandemi virus corona ini. Dukungan bisa dilakukan dengan berdonasi melalui BenihBaik.com. Dana yang terkumpul akan kami gunakan untuk membuat penyuluhan dan pelatihan aquaponik, membeli perlengkapan aquaponik, membeli bibit ikan, bibit sayuran, pakan ikan lele, dll. 



Ayo kita bersama-sama bantu sesama bangkit dari kesulitan yang dihadapi. Sebarkan kebaikanmu kepada semakin banyak orang dan berikan semangatmu agar mereka bangkit dari keterpurukan.

    Pencairan Dana 45.000.000

    Ke rekening ****4443 a/n Intan Delia Rustandi


    Pembelian fasilitas pendidikan

    Pencairan Dana 185.000

    Ke rekening ****6629373 a/n Intan Delia Rustandi


    Keperluan perlengkapan Aquaponik (pasca panen) Tegal Waru

    Pencairan Dana 113.591.631

    Ke rekening ****05261 a/n Muchamad Bachtiar


    Pencairan dana PT. Tripatra guna menyediakan pelengkap instalasi aquaponik & bibit lele, aktivitas mentoring

    Survei Lokasi Dan Instalasi Aquaponik Oleh Sharingyuk_co

    Sharingyuk_co melakukan beberapa kali survei lokasi pada prakegiatan CSR Perusahaan Tripatra program aquaponik di daerah Bogor dan Tangerang Selatan untuk mendapatkan 100 KK penerima manfaat dengan karakteristik berkomitmen, orang yang membutuhkan dan lahan yang memadai untuk program aquaponik. Pada tanggal 22 Juli 2020, kami melakukan survei ke RT 02, 03, 04, 05 Desa Jampang, Situ Cilala, dan Situ Kuloserta RT 04 Situ Kemang Desa Paburuan. Kami mendapat respon yang kurang baik disana karena masyarakatnya yang individual dan lokasi di daerah tersebut tidak bisa diterapkan program aquaponic pada rumah-rumah masyarakat.

    Survei lokasi selanjutnya pada tanggal 26 Juli 2020, kami melakukan survei kebeberapa RT di RW 01 dan beberapa RT di RW 02 Desa Kuripan Ciseeng Bogor. Di lokasi tersebut kami mendapat berbagai respon yang baik dan kurang baik. Kami memulai survei dengan pendekatan kepada masyarakat untuk mengetahui apa saja kegiatan, pekerjaan, dan seberapa besar ketertarikan mereka terhadap program aquaponic ini. Beberapa masyarakat dan RT ada yang menolak dan ada yang tertarik dengan program ini. Pada survei di lokasi ini, kami mendapat 30 KK di RT 01/02 Desa Kuripan Ciseeng Bogor dengan RT yang bernama Jaya. Pada tanggal yang sama volunteer kami di daerah Tangerang Selatan juga melakukan survei di daerah Paku Jaya Serpong Tangerang Selatan. Pada lokasi tersebut respon yang volunteer kami dapatkan juga ada yang baik dan ada yang kurang baik. Kami mendapat 24 KK di Jl Patal 1 RT 005/022 Paku Jaya Serpong Utara Tangsel dengan RT yang bernama Tarmudji, 2 KK di  Jl Patal 3 RT 009/003 Paku Jaya Serpong Utara Tangsel, 4 KK di Jl H. Kemin RT 004/022 Paku Jaya Serpong Utara Tangsel, dan 4 KK di Jl H. Kemin RT 004/022 Paku Jaya Serpong Utara Tangsel. Untuk keseluruhan di tanggal 26 Juli 2020 kami mendapat 64 KK.

    Kami melakukan survei lokasi kembali untuk melengkapi kekurangan KK penerima manfaat pada tanggal 29 Juli 2020 keseluruh RT di RW 01 dan RT di RW 02 Desa Kuripan Ciseeng Bogor. Setelah kami melakukan berbagai pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat dan RT terkait program aquaponic, kami mendapat 36 KK di RT 06/01 Desa Kuripan Ciseeng Bogor dengan RT yang bernama Badru. Untuk keperluan berkas kami meminta lampiran fotocopy KK 100 KK penerima manfaat.

    Sharingyuk_co juga melakukan beberapa kali survei terkait pemilihan bahan dan pembuatan instalasi secara langsung ke lokasi vendor. Pada tanggal 7Agustus 2020, kami melakukan survei instalasi terkait pemilihan bahan yang akan dipakai untuk pembuatan instalasi dan perundingan model serta mekanisme bersama tenaga ahli. Pada tanggal 13 Agustus 2020, kami melakukan survey harga perlengkapan aquaponic di luar instalasi keberbagai took pertanian untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan RAB yang telah disepakati. Kami melakukan survei instalasi kembali pada tanggal 17 Agustus 2020 terkait perundingan kembali model pembuatan bak fiber dan proses pembuatannya secara langsung di lokasi vendor. Pada tanggal 25 Agustus kami melakukan survey instalasi secara langsung ke lokasi vendor terkait perundingan ulang timeline, penyesuaian model bak fiber, penyesuaian model pipa, dan pompa bersama tenaga ahli.

    Pencairan Dana 163.157.895

    Ke rekening ****05261 a/n Muchamad Bachtiar


    Pencairan dana donasi PT. Tripatra untuk biaya instalasi sistem aquaponik

    Sharingyuk Peduli Masyarakat Lewat Program Aquaponik

    Erwin, satu dari ratusan warga Tegalwaru, Ciampea yang terdampak Covid 19. Hidup yang sebelumnya sudah sulit dengan gaji 1 juta sebagai karyawan sebuah peternakan Lele, menjadi semakin sulit baginya setelah pabriknya tutup karena turunnya permintaan.


    Sulit bagi Erwin membayangkan masa depan anak semata wayangnya dengan kondisi ini. Tapi senyum dari anak yang masih TK itulah yang membuatnya tetap semangat dalam menjalani roda kehidupan walaupun tanpa penghasilan bulanan yang pasti. Erwin hanya segelumit potret dari banyaknya kemiskinan yang tercipta selama pandemi Covid-19 ini. 


    Lewat program akselerasi masyarakat desa melalui aquaponik, Sharikyuk ingin berbagi dengan masyarakat. Harapannya ini bisa menumbuhkan asa bagi Erwin dan warga desa Tegalwaru untuk bangkit dan berhenti meratapi kehilangan pekerjaan. 



    Sharingyuk memberikan pendampingan untuk kemandirian pangan dan kewirausahaan melalui sistem aquaponik dengan pendampingan oleh praktisi. Hal ini tak hanya menjamin kebutuhan dasar pangan terpenuhi, tapi juga keberlangsungannya.  


    Erwin dan warga menyambut tim Sharingyuk  dan begitu antusias dalam pelaksanaan program. Ini pun membuat tim Sharingyuk semakin bersemangat dalam membantu masyarakat desa tersebut. “Alhamdulillah, sangat terbantu sekali Neng, ada pelatihannya juga jadi sambil belajar. Terima kasih ya Neng,” ungkap Erwin. 



    Erwin dan masyarakat Tegalwaru mengucapkan terima kasih kepada Teman Baik yang telah memberikan donasi untuk memenuhi fasilitas dan kebutuhan sistem aquaponik yang dibuat. Semoga program Akselerasi Masyarakat Desa melalui aquaponik bisa berjalan baik.


    Sekarang, terlihat pancaran kegembiraan dari wajah Erwin dan warga sekitar melihat kangkung yang mereka semai mulai tumbuh seinci demi seinci, ikan yang mereka rawat semakin besar. Sehingga mereka tidak perlu khawatir besok akan makan atau tidak. Yuk terus ulurkan tangan untuk membantu beberapa desa lainnya agar mampu menciptakan ketahanan pangan, Teman Baik dapat membantu warga lainnya dengan cara berdonasi melalui BenihBaik.com


    Untuk informasi lebih lanjut juga dapat mengakses instagram @sharingyuk_co


    #YukKitaBerbagi

    #KarenaSharingIsCaring

    Pencairan Dana 6.189.474

    Ke rekening ****05261 a/n Muchamad Bachtiar


    Pencairan dana donasi untuk penempatan lokasi budidaya

    Pencairan Dana 5.155.001

    Ke rekening ****4929613 a/n Adelia Salsabila


    Pembelian alat aquaponik

 
logo-benihbaik

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com