Campaign cover image

Berbagi Sembako Kasih Untuk Pedagang Harian Terdampak Covid-19

Halo TemanBaik, saya Juming Herliany. Setiap hari Minggu saya biasa mengikuti Ibadah di Gereja Kristus Cibinong. Namun setelah merebaknya wabah corona di Indonesia, saya dan umat Gereja Kristus Cibinong hanya bisa mengikuti Ibadah online di rumah masing-masing.

Tak hanya tidak bisa mengikuti Ibadah di Gereja, bahkan untuk berkumpul bersama sanak saudara juga tidak bisa. Rindu sekali rasanya.

Hati saya dan jemaat lainnya makin teriris saat melihat banyak pemberitaan mengenai para pedagang harian yang mulai kesulitan untuk mencari nafkah. Semenjak diberlakukan nya karantina mandiri, kegiatan masyarakat pun terbatas dan hal tersebut berimbas pada penjualan pedagang harian yang menurun drastis. Padahal mereka tak menuntut banyak untuk kebutuhannya, yang penting perut anak istrinya dapat selalu terisi setiap hari.

Maka dari itu saya bersama dengan teman-teman dari Bagian PI Gereja Kristus Cibinong, berinisiasi untuk membagikan bahan pokok kepada para pedagang kecil yang terdampak wabah corona melalui program “Sembako Kasih”. Rencananya “Sembako Kasih” ini akan diadakan setiap 2 minggu sekali selama bulan April - Mei 2020.

Setiap 2 minggu kami akan membagikan sembako untuk 100 keluarga pedagang kecil di sekitar Cibinong. Paket sembako tersebut berisi beberapa kebutuhan pokok seperti beras 2 liter, minyak goreng 1 liter, telur ½ kg dan 5 bungkus mie instan. Harga per paket sembako sekitar Rp. 55.000,-.

Saya berharap “Sembako Kasih” ini bisa sedikit meringankan beban para pedagang kecil yang terdampak corona dan ini bisa menjaga imunitas mereka. Yuk #TemanBaik sama-sama kita berbagi #SembakoKasih untuk sesama.

    Pencairan Dana 11.000.000

    Ke rekening ****9510 a/n Sinode Gereja Kristus


    Pencairan tahap 2 untuk pembagian 200 lebih sembako kasih untuk penyaluran ke 3 & 4

    Di Tahap Penyaluran Ke-2, 125 Paket Sembako Kasih Disalurkan Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

    Puji Tuhan kami selalu panjatkan, karena kegiatan kebaikan Sembako Kasih ini dapat terlaksana dengan baik. Setelah penyaluran pertama pada 15 April 2020 lalu, kegiatan tahap ke-2 masih sesuai dengan timeline awal yang sudah kami susun yaitu di tanggal 30 April 2020 (tepat 2 Minggu setelah kegiatan pertama). Sukses membagikan 100 paket sembako pada distribusi perdana, Puji Tuhan kuota sembako pada tahap 2 ini kami naikan menjadi 125 paket agar semakin banyak orang yang dapat kami beri uluran tangan.

    Tidak hanya kuantitas paketnya yang kami tambah, namun setiap paket sembako tersebut kami tambahkan isiannya dengan herbal penambah imun dan masker kain (yang diberikan oleh donatur kami sebanyak 19 lusin). Karena selain membutuhkan bahan sandang utama guna jadi tameng terdepan pada gizi & imun seseorang para penerima manfaat ini juga harus tetap dilindungi dengan menggunakan masker terlebih mengingat kegiatan pencairan nafkahnya yang dilakukan di ruangan terbuka/umum. Wilayah pertama yang sambangi oleh tim kami adalah di seputaran Ciawi & Cisarua, disana kami membagikan paket sembako kepada pedagang kaki lima, buruh harian, karyawan yang di PHK, tukang sapu hingga ojol. Ada sekitar 50 paket yang dibagikan kepada perorangan atau keluarga terdaftar yang terdampak Covid-19 serta membutuhkan bantuan.


    Lanjut proses penyaluran dilakukan di sekitaran Sentul dan 2 area di Jakarta (Cawang & Halim). Untuk dikawasan ini profesi penerima manfaat hampir sama dengan area pertama, namun disini kami bertemu dengan beberapa pengemudi angkutan kota yang saat pandemi ini sangat sepi penumpang. Untuk di 3 area ini kami membagikan kurang lebih 40 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

    Titik terakhir tujuan kami adalah di wilayah sekitar Cibinong (Kab. Bogor) & Cilangkap (Jakarta Timur). Di 2 lokasi ini kami membagikan lebih dari 30 paket sembako, dan rata-rata penerimanya merupakan buruh harian yang lapangan pekerjaannya sangat terdampak pada masa pandemi seperti sekarang ini. Semua penyaluran kami lakukan door to door atau langsung tertuju pada penerima manfaat, hal ini dimaksudkan agar paket sembako sampai tepat pada yang membutuhkan & tetap sesuai dengan protokol keamanan (tidak ada kerumunan).

    Para donatur terima kasih sekali lagi kami sampaikan, karena atas kebaikan anda ada lebih dari 100 keluarga yang terbantu dalam pemenuhan kebutuhan pokoknya di tengah pandemi. Hal ini pun masih akan kami lakukan 2 kali lagi di bulan Mei 2020 & kami harapkan doa serta restu dari para donatur agar kegiatan Sembako Kasih ini dapat menjadi berkat bagi banyak pihak.


    God Bless You.

    Yuming Herliany

    100 Paket Sembako Telah Disalurkan Kepada Masyarakat Terdampak Di Bogor, Depok, Jakarta & Bandung

    Program Sembako Kasih yang diinisiasi oleh Gereja Kristus Cibinong berhasil dilaksanakan perdana pada 15 April 2020 lalu. Pada penyaluran pertamanya, terdapat 100 paket sembako yang disiapkan & akan disalurkan kepada pedagang kecil & pekerja harian diseputaran Bogor & Cibinong yang sudah tim Gereja Kristus Cibinong data sebelumnya.


    Setiap paket sembako berisikan beras 2 liter, minyak goreng 1 liter, telur 1/2 kg dan mie instan 5 bungkus dimana harga setiap paketnya berkisar Rp. 55.000,-. Untuk dsitribusi tahap 1 ada 6 area disekitaran Kota Bogor & Kabupaten Bogor yang terpilih yaitu Cibinong, Ciawi, Cisarua, Parung Kuda, Sentul & Depok. Tidak hanya masyarakat terdampak disekitaran Bogor & Kabupaten Bogor saja yang mendapat bantuan paket Sembako Kasih 2 Wilayah di sekitaran Jakarta juga menjadi target sasaran aksi kebaikan ini dilaksanakan antara lain Cawang, Halim  Adapun para penerima manfaat dari paket sembako tersebut antara lain pedagang gorengan, pedagang rujak, buruh harian lepas, karyawan yang di PHK, keluarga tidak mampu, ojek online, tukang parkir & pedagang asongan.






    Tidak hanya bantuan berupa paket sembako jadi, namun tim Gereja Kristus Cibinong juga menyiapkan bantuan berupa beberapa bahan pokok sembako utuh yang disalurkan kepada masyarakat Cikalong, Bandung. Bantuan tersebut dijemput oleh perwakilan aparatur setempat untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 di Cikalong. Selain bahan pangan, ada pula beberapa bantuan lain seperti paket sandang layak pakai dan hand sanitizier dari donatur reguler Gereja Kristus Cibinong.


    Terima kasih kami ucapkan untuk para donatur yang berpartisipasi pada campaign Sembako Kasih kami di BenihBaik.com, karena berkat kalian kegiatan berbagi kebaikan ini dapat terlaksana & terpenting berkat para donatur ratusan keluarga masih dapat mendapat memenuhi kebutuhan pokoknya di tengah pandemi.


    God Bless You.

    Yuming Herliany

    Pencairan Dana 11.000.000

    Ke rekening ****9510 a/n Sinode Gereja Kristus


    Pencairan tahap 1 untuk penyaluran 200 sembako awal yang dibagi menjadi 2 tahap (per 2 minggu sekali) oleh Sinode Gereja Kristus Cibinong

 
logo-benihbaik

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com