Campaign cover image

Donasi Untuk Seniman Jelekong

“Hitung saja Pak, biasanya minimal 20 lukisan per minggu. Kalau satu lukisan dihargai Rp 25 ribu. Maka seorang bisa dapat minimal Rp 500 ribu per minggu, atau minimal Rp 2 juta per bulan. Bisa bayangkan, disini ada ratusan pelukis Pak. Kami benar-benar tidak berdaya karena COVID ini.”

Perkenalkan, saya Taufik, pelukis dan anggota komunitas Gurat (Jelekong Art Community) di Bandung. Jelekong sendiri adalah satu dari beberapa kampung seni di Bandung. Kami terfokus di kesenian Jawa Barat seperti Wayang Golek, Pencak Silat dan Seni Lukis. Saya ingin memberikan gambaran betapa sulitnya kondisi kami selama pandemi COVID-19 ini

Masyarakat di Jelekong sebagian besar berprofesi sebagai pelukis. Setiap hari kami melukis berbagai tema seperti ikan koi, panen, bunga, sawah dll. Biasanya seorang pelukis bisa melukis 20 sampai 25 lukisan (ukuran 80 x 60 cm) per minggu. Lukisan ini dibeli pengepul dengan harga Rp 25.000 per lukisan. Si pengepul kemudian mengirim lukisan kami ke kota besar seperti Bali, Surabaya dan Jakarta. Disana, kalau tidak dibeli hotel dan restoran, biasanya wisatawan mancanegara yang membeli.

Sebelum pandemi datang, biasanya ada ratusan lukisan dari pelukis Jelekong yang bisa dikumpulkan dan dikirim oleh pengepul setiap minggunya. Sekarang, lukisan-lukisan ini menumpuk di pengepul karena pengiriman logistik ke luar kota sempat dihentikan sementara. Kalaupun bisa dikirim, disana (kota-kota besar) tidak laku, karena di daerah wisata seperti Bali dan Labuan Bajo banyak tempat yang tutup, sepi pengunjung. Pengepul sudah tidak mau menampung lukisan kami, wajar karena stoknya masih banyak.


Saya berinisiatif membuat campaign ini agar TemanBaik tahu kesulitan kami, dan bisa membantu ringankan kesulitan kami dengan donasi. TemanBaik bisa berdonasi seikhlasnya, agar dana terkumpul bisa dibelikan paket sembako senilai Rp 150.000/ paket, yang akan dibagikan ke teman-teman seniman. Di awal, saya menargetkan 100 orang seniman dapat dibantu, maka dibutuhkan paling sedikit Rp 15 juta rupiah. 

Atau TemanBaik juga dapat memesan langsung lukisan kami, dengan menulis permintaannya di kolom komentar. Insya Allah kami siap. (SID)


Ayo!

1.    SHARE campaign ini. Buka "Peluang" Seniman Jelekong, minimal dengan SHARE

2.    Klik “DONASI SEKARANG”

3.    Isi Nominalnya

4.    Pilih Metodenya. Lebih praktis DONASI lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, Sakuku dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit

 
logo-benihbaik

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com