Campaign cover image

Dukung Guru Tetap Mengajar Di Tengah Covid-19

Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Pemerintah mengeluarkan aturan belajar dari rumah. Siap atau tidak, sekolah-sekolah harus cepat beradaptasi dengan perubahan. Sekolah harus memanfaatkan media digital, melakukan pembelajaran online agar proses belajar-mengajar tetap bisa berjalan. Namun, kenyataannya masih banyak guru yang belum siap untuk menghadapi transformasi digital.

Faktanya, banyak guru dan sekolah yang belum siap melakukan proses belajar mengajar secara online karena keterbatasan akses internet dan keterbatasan pengetahuan serta pengalaman mengenai pola pembelajaran online yang efektif. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (2019), terdapat 80% guru Indonesia yang tidak memiliki akses internet dan 89,9% yang tidak memahami teknologi informasi digital.



Maka, Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) berinisiatif untuk melakukan gerakan #DukungGuruDigital agar para guru dapat mengajar secara efisien. MIKTI juga mengajak komunitas startup digital dan semua masyarakat untuk turut mendukung gerakan ini.


Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada para guru di Indonesia untuk kebutuhan kuota internet, khususnya guru honorer, guru yang tidak disubsidi kuota oleh pihak sekolah, dan guru pada umumnya yang membutuhkan.




#TemanBaik, jangan biarkan pandemi Covid-19 menghentikan semangat guru Indonesia untuk terus melakukan proses belajar-mengajar dari rumah. Yuk, bersama #StartupPeduli, kita ikut berdonasi bagi para guru ini.



    Lebih Dari Setengah Terabyte Kuota Internet Telah Disalurkan Untuk 59 Guru Honorer

    TemanBaik,

    Setelah gerakan #DukungGuruDigital bergulir, lebih dari 50 teman baik yang berdonasi dan dana yang terkumpul lebih dari Rp. 10 Juta. Pada Jumat 15 Mei 2020, tim MIKTI menyalurkan lebih dari setengah terabyte (TB) atau sekitar 500 gigabyte (GB) lebih paket kuota internet kepada 59 guru honorer dengan masing-masing mereka mendapat 10 GB. Apabila dinominalkan, paket internet yang diterima guru honorer senilai Rp100 ribu. Adapun donasi yang sudah tersalurkan untuk pembelian kuota berjumlah Rp5.733.298 dari Rp 10.710.397 total donasi yang masuk.

    Program “Dukung Guru Digital” diinisiasi oleh MIKTI dan para pegiat startup bekerjasama dengan BenihBaik.com cukup mendapat perhatian di kalangan para pegiat startup dan peminat di bidang pendidikan. Gerakan ini merupakan upaya dari pegiat startup agar proses belajar mengajar para guru dan siswa secara online di tengah Covid-19 tetap dapat berjalan secara optimal. Salah satunya dengan menghimpun donasi yang akan disalurkan dalam bentuk kuota internet untuk para guru. 


    Dikarenakan pemerintah belum menentukan kapan tahun ajaran baru dimulai dan bagaimana proses belajar mengajar setelahnya maka kuota internet akan kami salurkan kembali pada bulan Juni. Pada momen ini, tim bersama para guru sangat bersyukur atas partisipasi TemanBaik. Berkat bantuan dari 49 TemanBaik yang disalurkan memalui Benihbaik, kita telah tolong-menolong secara digital!


BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com